A. SEJARAH

Program Studi Pendidikan Fisika dimulai dari berdirinya pada  tanggal 1 Januari 1961 bernama Jurusan Ilmu Alam yang merupakan bagian dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Diponegoro. Dalam perkembangannya FKIP Universitas Diponegoro berubah menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Semarang (Tahun 1964), dan kemudian sejak tanggal 30 Maret 1965 berubah status menjadi IKIP Semarang. Setelah menjadi IKIP Semarang, Jurusan Ilmu Alam berubah menjadi Jurusan Fisika yang merupakan bagian dari Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE). Pada tahun 1982 seiring dengan perubahan nama fakultas di lingkungan IKIP Semarang, Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE) berubah menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), nama Jurusan Fisika berubah menjadi Jurusan Pendidikan Fisika.

Pada tahun 1999 IKIP Semarang ditingkatkan statusnya menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES), sehingga Jurusan Pendidikan Fisika berubah namanya menjadi Jurusan Fisika dengan nama fakultasnya berubah dari Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Selanjutnya Jurusan Fisika mendapat perluasan mandat selain menyelenggarakan program kependidikan juga menyelenggarakan program nonkependidikan, sehingga Jurusan Fisika mengelola dua program studi yaitu Program studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika. Oleh karena itu Program Studi Pendidikan Fisika merupakan salah satu program studi yang berada di bawah Jurusan Fisika.

Program Pendidikan Fisika menyelenggarakan pendidikan dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang Pendidikan Fisika untuk tingkat pendidikan menengah dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1). Tujuan Program studi Pendidikan Fisika adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional serta mampu membangun pembelajaran berbasis ICT, mampu berwirausaha dalam bidang pendidikan maupun bidang non kependidikan, serta mampu menghasilkan karya ilmiah di bidang pendidikan fisika.

Seiring dengan perkembangan zaman Program studi Pendidikan Fisika sekarang telah berkembang sangat pesat dengan memfokuskan pada pendidikan berbasis ICT, sehingga lulusannya banyak bermanfaat dan diserap dalam dunia kerja baik kependidikan maupun non kependidikan.

B. VISI

Visi Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNNES

”Menjadi Prodi Pendidikan Fisika yang unggul, berdaya saing global, dan pelopor inovasi dalam bidang pendidikan fisika yang berwawasan konservasi”

Visi Prodi Pendidikan Fisika memiliki makna mendasar pada kata unggul, berdaya saing global, dan pelopor inovasi dalam bidang pendidikan fisika. Adapun makna selengkapnya adalah sebagai berikut.

  1. Unggul, yaitu memiliki ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (religius), mampu menguasai, menerapkan dan mengembangkan keilmuan dan pendidikan fisika, serta mampu bersaing dalam bidang akademik maupun non-akademik yang berwawasan konservasi di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Berdaya saing global, yaitu mampu mengikuti perkembangan terkini dalam bidang pendidikan fisika dan mampu menghadapi tantangan yang membutuhkan penerapan konsep dan prinsip fisika di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Pelopor inovasi dalam bidang pendidikan fisika, yaitu menjadi pemrakarsa penelitian di bidang pendidikan fisika dan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan dan kemaslahatan bagi masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Visi Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNNES tersebut selaras dengan visi fakultas dan universitas.

C. MISI

Misi Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNNES

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing global dalam bidang pendidikan fisika yang berwawasan konservasi.
  2. Melaksanakan penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan fisika yang unggul dan berwawasan konservasi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi hasil penelitian dalam bidang pendidikan fisika untuk pemberdayaan dan kemaslahatan masyarakat.
  4. Mengimplementasikan kerjasama untuk menunjang penguatan program studi.

D. TUJUAN

Tujuan Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNNES Sejalan dengan visi dan misi yang ditetapkan, maka Prodi Pendidikan Fisika diselenggarakan dengan tujuan sebagai berikut:

  1. menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing global dalam bidang pendidikan fisika yang berwawasan konservasi;
  2. menghasilkan karya penelitian dan inovasi dalam bidang pendidikan fisika yang unggul dan berwawasan konservasi;
  3. menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud implementasi hasil penelitian dalam bidang pendidikan fisika untuk pemberdayaan dan kemaslahatan masyarakat; dan
  4. menghasilkan jalinan kerjasama yang menunjang penguatan program studi.