PIF XXIV tahun 2013 ini diorganisir oleh segenap anggota Hima Fisika tahun 2013 FMIPA Unnes yang akan dilaksanakan di sepuluh daerah (untuk Olimpiade sains SD, SMP, dan SMA serta Bazar) dan berpusat di kampus Universitas Negeri Semarang (untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Kreativitas Guru dan Seminar Nasional). Pelaksanaan Serangkaian Kegiatan PIF XXIV yaitu tanggal 22 September – 9 November 2013. Setiap tahun kegiatan Pekan Ilmiah dilaksanakan secara rutin, hingga pada tahun 2013 ini, PIF (Pekan Ilmiah Fisika) Himpunan Mahasiswa Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang  sudah berumur yang ke 24.

Peserta dalam kegiatan ini adalah :

  1. Siswa SD/sederajat, SMP/sederajat dan SMA/sederajat se-Jawa
  2. Guru SD/sederajat, SMP/sederajat dan SMA/sederajat se-Jawa
  3. Mahasiswa
  4. Dosen
  5. Masyarakat umum

Adapun jenis kegiatan dan diskripsi singkat rangkaian kegiatan PIF XXIV Tahun 2013 adalah :

1.    Olimpiade Sains Tingkat SD/sederajat se-Jawa

Olimpiade Sains tingkat Sekolah Dasar (SD)/sederajat se-Jawa bertujuan untuk mengembangkan serta mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan siswa tingkat SD di bidang Sains. Materi yang akan dilombakan adalah seluruh materi sains di tingkat SD. Dalam olimpiade ini, sistem seleksinya terbagi atas 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final.

Bentuk dari babak penyisihan adalah tes seleksi untuk menentukan 60 peserta  yang nantinya akan berkompetisi lagi dalam babak final. Babak penyisihan dilaksanakan di 10 daerah yaitu daerah Semarang, Pati, Magelang, Surakarta, Banyumas, Pemalang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Adapun pelaksanaan Babak Penyisihan  adalah sebagai berikut.

Babak Penyisihan

Babak penyisihan akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal        : Minggu, 22 September 2013

Waktu                    : 08.00 – 10.00 WIB

Acara                     : Tes seleksi babak penyisihan olimpiade Sains tingkat SD/sederajat se-Jawa.

Peserta                   : Siswa SD/sederajat yang terdaftar sebagai peserta seleksi olimpiade sains tingkat SD se-Jawa tahun 2013.

2.      Olimpiade Fisika Tingkat SMP/sederajat se- Jawa

Olimpiade Sains tingkat SMP/sederajat se-Jawa bertujuan untuk mengembangkan serta mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama dalam ilmu fisika. Materi yang akan dilombakan meliputi materi kelas VII, VIII, dan IX. Dalam olimpiade ini, sistem seleksinya terbagi atas 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final.

Babak penyisihan yaitu tes seleksi untuk menentukan 50 peserta  yang nantinya akan berkompetisi lagi dalam babak final. Babak penyisihan dilaksanakan di 10 daerah yaitu daerah Semarang, Pati, Magelang, Surakarta, Banyumas, Pemalang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya.

Adapun pelaksanaan Babak Penyisihan  adalah sebagai berikut.

Babak Penyisihan

Babak penyisihan akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal        : Minggu, 22 September 2013

Waktu                   : 08.00 – 10.00 WIB

Acara                    : Tes seleksi babak penyisihan olimpiade Fisika tingkat SMP/sederajat se-Jawa.

Peserta                  : Siswa SMP/sederajat yang terdaftar sebagai peserta seleksi olimpiade Fisika tingkat SMP se-Jawa tahun 2013.

3.      Lomba Olimpiade Fisika Tingkat SMA/ sederajat se-Jawa

Lomba Olimpiade Fisika tingkat SMA/sederajat se-Jawa bertujuan untuk mengembangkan serta mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan siswa tingkat Sekolah Menengah Atas dalam ilmu fisika. Materi yang akan dilombakan adalah materi kelas X, XI dan XII SMA. Dalam olimpiade ini, sistem seleksinya terbagi atas 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final.

Babak penyisihan yaitu tes seleksi untuk menentukan 50 peserta  yang nantinya akan berkompetisi lagi dalam babak final. Babak penyisihan dilaksanakan di 10 daerah yaitu daerah Semarang, Pati, Magelang, Surakarta, Banyumas, Pemalang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Adapun pelaksanaan babak penyisihan adalah sebagai berikut.

Babak Penyisihan

Babak penyisihan akan dilaksanakan pada:

Hari, Tanggal        : Minggu, 22 September 2013

Waktu                   : 08.00 – 10.00 WIB

Acara                    : Tes seleksi babak penyisihan tertulis Olimpiade Fisika Tingkat SMA/sederajat Se-Jawa 2013 dengan sistem pilihan ganda.

Peserta                   : Siswa SMA/sederajat yang terdaftar sebagai peserta Olimpiade Fisika Tingkat SMA/sederajat se-Jawa Tahun 2013

4.         Seminar Nasional Pendidikan

Merupakan agenda rutin dalam serangkaian Pekan Ilmiah Fisika adalah Seminar Nasional. Seminar Nasional ini dilaksanakan dalam bentuk seminar yang berskala nasional dan seminar paralel. Dimana seminar paralela akan diselengarakan dalam berbagai bidang, diantaranya: Fisika Pendidikan, Fisika Kebumian, Fisika Material, Fisika Medik, Fisika Elektronika dan Instrumentasi, dan Fisika Terapan.

Seminar ini diikuti oleh guru, praktisi fisika, mahasiswa, siswa dan masyarakat umum. Pelaksanaan Seminar Nasionala akan dilaksanakan pada:

hari, tanggal          : Sabtu, 26 Oktober 2013

waktu                    : 09.00 s.d selesai

tempat                   : Auditorium UNNES

tema                      : Peran Fisika dan Pendidikan Karakter menuju Indonesia Emas 2025

5.      Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

Karya Ilmiah Fisika ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Fisika (PIF) XXIV, kegiatan ini merupakan tempat mewadahi Karya Ilmiah Remaja siswa-siswi tingkat SMA/sederajat Se-Jawa. Dalam Lomba Karya Ilmiah ini, babak penyeleksian berkas dilaksanakan setelah berkas dikirim oleh peserta dalam bentuk soft dan hard file. Babak Penyeleksian berkas yaitu seleksi untuk menentukan 10 peserta yang terdiri dari 2 orang pada tiap kelompok yang nantinya akan berkompetisi lagi dalam babak presentasi. Penentuan 10 peserta tersebut berdasarkan penilaian secara terpusat, yaitu diambil berdasarkan peringkat 1-10 dari keseluruhan peserta yang berpartisipasi dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Babak pengiriman berkas dilaksanakan pada :

tanggal                  : 1 Agustus – 30 September 2013

tempat                   : FMIPA Universitas Negeri Semarang

peserta                   : Siswa SMA se-Jawa yang lolos seleksi tahap pertama (pemberkasan).

Teknik                   : Penyeleksian berkas yang telah dikirim

sedangkan pelaksanaan pemaparan Lomba Karya Tulis Ilmiah yaitu :

hari,tanggal           : Minggu, 3 November 2013

waktu                    : 08.00 s.d. Selesai

tempat                   : Gedung D6, FMIPA Universitas Negeri Semarang

peserta                   : 10 kelompok siswa SMA se-Jawa yang lolos seleksi tahap pertama ( pemberkasan ).

teknik                    : Presentasi peserta dengan batas waktu tertentu

6.         Lomba Kreatifitas Guru (LKG)

Lomba Kreatifitas Guru adalah sebuah kegiatan bagi guru sains tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat untuk berkompetisi pada tingkat Jawa Tengah, dalam penyusunan karya tulis berupa hasil penelitian atau karya inovatif yang terbukti mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran di kelas dan meningkatkan mutu hasil belajar siswa. Lomba Kreatifitas Guru ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Fisika (PIF) XXIV, babak penyeleksian berkas dilaksanakan  setelah berkas dikirim oleh peserta dalam bentuk soft dan hard file. Babak Penyeleksian berkas yaitu seleksi untuk menentukan 10 peserta yang nantinya akan berkompetisi lagi dalam babak presentasi. Penentuan 10 peserta tersebut berdasarkan penilaian secara terpusat, yaitu diambil berdasarkan peringkat 1-10 dari keseluruhan peserta yang berpartisipasi dalam Lomba Kreatifitas Guru.

Babak pengiriman berkas dilaksanakan pada :

tanggal                  : 1 Agustus – 30 September 2013

tempat                   : FMIPA Universitas Negeri Semarang

peserta                   : Guru SMP/sederajat dan SMA/sederjat se-Jawa

Tengah yang lolos seleksi tahap pertama (pemberkasan).

teknik                    : Penyeleksian berkas yang telah dikirim sedangkan pelaksanaan pemaparan Lomba Lomba Kreatifitas Guru sains yaitu :

hari,tanggal           : Minggu, 3 November 2013

waktu                    : 08.00 s.d. Selesai

tempat                   : Gedung D6, FMIPA Universitas Negeri Semarang

peserta                   : 10 Guru sains SMP/sederajat dan SMA/sederjat se Jawa Tengah yang lolos seleksi tahap pertama (pemberkasan).

Teknik                   : Presentasi peserta dengan batas waktu tertentu

 

7.         Bazar

Bazar ini merupakan kegiatan pendukung dalam rangkaian Pekan Ilmiah Fisika (PIF) ke XXIV Tahun 2013. Kegiatannya yaitu Open Lab , yang bertujuan meningkatkan pengetahuan guru-guru SMA, SMP dan SD se-Jawa tentang alat peraga dan alat praktikum dalam laboratorium fisika, berbagai lomba untuk siswa sekolah dasar dan umum. Disamping itu, kegiatan bazar juga menyediakan berbagai kebutuhan mahasiswa dan para pengajar mulai dari pakaian, alat-alat elektronik, makanan, media pembelajaran serta penyediaan buku-buku pelajaran (SD, SMP, SMA) maupun buku-buku referensi kuliah dan sekolah serta umum. Ada pula pameran tentang alat-alat yang digunakan dalam praktikum Fisika serta pameran hasil karya mahasiswa dan dosen jurusan Fisika. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari                               : Sabtu s.d Minggu

Tanggal                         : 26 Oktober dan 2-3 November 2013

Waktu                           : 08.00 WIB s.d selesai

Tempat                          : Halaman gedung  FMIPA UNNES

Supported by:

KERJASAMA

  • nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image nivo slider image
TOTAL HADIAH PULUHAN JUTA RUPIAH

Kontribusi Peserta

  • Olimp Sains SD__ Rp. 45.000
  • Olimp Fisika SMP_Rp. 55.000
  • Olimp Fisika SMA_Rp. 55.000
  • Kreativitas Guru_Rp. 100.000
  • Karya Tulis Ilmiah_Rp 60.000
  • kunjungi kami

    Komentar terakhir