Pekan Ilmiah Fisika ke-25 Nasional Tahun 2014 atau PIF XXV Nasional 2014 merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Semarang, Universitas Negeri Semarang Tahun 2014 yang didasari pada UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PP No 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan & Penyelenggaraan Pendidikan, UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan SK Mendikbud 155/U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

Tujuan utama PIF XXV adalah untuk mengenalkan disiplin Ilmu Fisika secara luas kepada masyarakat dan meningkatkan pemahaman konsep-konsep fisika dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. PIF XXV bertemakan “Berkarya untuk Negeri, Berprestasi bersama Fisika untuk Indonesia”. Kegiatan PIF XXV berupa Olimpiade Sains & Fisika, Seminar, Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMA/sederajat, Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa, dan kegiatan pendukung berupa Bazar. Adapun penjelasan lebih lanjut sebagai berikut.

  1. Seminar Nasional dan Paralel

Seminar tahun ini mengusung tema “Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Penelitian bidang Fisika dengan Pemanfaatan Sumber Daya Lokal”, kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 14 September 2014 jam 08.00-selesai di Auditorium Universitas Negeri Semarang.

  1. Olimpiade sains SD/sederajat, Olimpiade Fisika SMP/sederajat dan Olimpiade Fisika SMA/sederajat se-Nasional

Olimpiade Sains dan Fisika bertujuan untuk mengembangkan serta mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan siswa di bidang Sains dan Fisika. Materi yang akan dilombakan adalah seluruh materi sains dan fisika sesuai tingkatan jenjang. Dalam olimpiade ini, sistem seleksinya terbagi atas 2 babak yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan akan dilaksanakan secara serentak di 10 wilayah di Indonesia pada minggu, 28 September 2014. Selanjutnya final akan dilaksanakan sabtu dan minggu, 8-9 November 2014.

  1. Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Mahasiswa dan SMA se-Nasional

Kegiatan ini adalah sebuah kegiatan bagi mahasiswa dan pelajar SMA untuk berkompetisi di bidang ilmiah di tingkat Nasional, dalam penyusunan karya tulis ilmiah berupa hasil penelitian atau karya inovatif. Puncak kegiatan ini akan dilaksanakan dua babak yaitu babak penyisihan dan final. Final akan dilaksanakan dua babak juga yakni babak presentasi dan pameran, kegiatan ini akan dilaksanakan pada sabtu dan minggu, 8-9 November 2014.

  1. Bazar Pendidikan dan Umum

Kegiatan ini merupakan kegiatan pendukung PIF XXV Nasional, adapun kegiatannya antara lain Gelar Karya Mahasiswa, Pameran 10 Besar Finalis LKTI SMA/sederajat dan LKTI Mahasiswa, Pameran alat Peraga Fisika Unnes, Buku Fisika dan Umum, Media pembelajaran serta stand Kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>