DR. SUHARTO LINUWIH, M.Si TERPILIH SEBAGAI CALON KETUA JURUSAN FISIKA FMIPA UNNES UNTUK PERIODE 2015-2019

 

pilkajur

Beberapa waktu yang lalu jurusan fisika menyelanggarakan penjaringan bakal calon ketua jurusan Fisika FMIPA Unnes. Dari hasil penjaringan tersebut terdaftar tiga orang dosen tetap jurusan Fisika sebagai bakal calon ketua Jurusan Fisika untuk periode 2015-2019, adapun ketiga bakal calon tersebut adalah:

1. Dr. Ngurah Made Dharma Putra, M.Si

2. Dr. Suharto Linuwih, M.Si

3. Sunarno, S.Si., M.Si.

Dan kemarin pada hari selasa (24/11) telah diselenggarakan pemilihan calon ketua jurusan Fisika periode 2015-2019 yang diketuai oleh Sugiyanto, S.Pd., M.Si. Kegiatan yang berlangsung dari jam 08.00 sampai 09.15 di gedung D7 lantai 3 (Ruang Seminar Jurusan Fisika) tersebut dihadiri oleh Dekan FMIPA Unnes, 31 dosen jurusan Fisika dan 2 teknisi laboratorium Fisika.

Pemungutan suara dimulai pukul 08.20 yang dikuti oleh Dekan FMIPA Unnes dan 31 orang dosen (sesuai daftar hadir) yang memiliki hak suara. Dan berdasarkan hasil perhitungan suara pemilih diperoleh hasil sebagai berikut:

1. Dr. Ngurah Made Dharma Putra, M.Si                 19 suara

2. Dr. Suharto Linuwih, M.Si                                  31 suara

3. Sunarno, S.Si., M.Si.                                           5 suara

Selanjutnya peringkat dua besar dalam pemilihan suara tersebut akan dibawa ke tingkat yang lebih tinggi untuk pengesahan dan penetapan menjadi ketua jurusan Fisika FMIPA Unnes periode 2015-2019.

Selamat berkarya.

JURUSAN FISIKA MELULUSKAN 110 ORANG WISUDAWAN PADA PERIODE III TAHUN 2015

DSC07225-aaaDSC07227-aaa

 

Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali mewisuda 3.620  mahasiswa pada wisuda periode III tahun 2015, Selasa dan Rabu (20 dan 21/10). Pada wisuda Unnes periode III tahun 2015 ini jurusan Fisika meluluskan 110 wisudawan yang terdiri dari 93 sarjana pendidikan (S.Pd) dan 17 sarjana science (S.Si). Jumlah wisudawan jurusan Fisika ini menjadi yang terbanyak untuk tahun 2015.

Ke-110 wisudawan jurusan Fisika ini mengikuti serangkaian acara wisuda dari wisuda unnes (21/10), wisuda fmipa (22/10) dan tasypamwis fisika (23/10).

 

 

 

PENELITIAN TENTANG POLA ALIRAN SUNGAI BAWAH TANAH DI DAERAH KARST BLORA MENGHASILKAN MEDALI PERAK PIMNAS 28 UHO KENDARI

karst

Pada umumnya orang mengenal daerah karst atau pegunungan kapur sebagai daerah yang tandus karena sulit ditemukannya sumber/mata air di daerah tersebut. Masyarakat yang hidup di daerah tersebut biasanya hidup dari hasil pertanian dan peternakan. Kurangnya ketersediaan jumlah air akan mempengaruhi hasil pertanian dan peternakan di daerah tersebut.

karst_mangin_1975

Namun sebenarnya di bawah daerah karst tersebut terdapat aliran sungai bawah tanah yang dapat dimanfaatkan. Untuk mendeteksi keberadaan pola aliran sungai bawah tanah tersebut diantaranya menggunakan metode geolistrik.

munaji csDengan mengangkat tema di atas Munaji, Yosana dan Rochmad dalam riset yang berjudul Penerapan Metode Geofisika VLF (Very Low Frequency) untuk Mengetahui Pola Aliran Sungai Bawah Tanah Daerah Karst Todanan Kabupaten Blora dengan dosen pembimbing Prof. Dr. Supriyadi, M.Si telah berhasil mendapatkan penghargaan medali perak dalam kategori presentasi dalam kelompok PKMPE di PIMNAS 28 Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari. Medali tersebut menambah perolehan medali kontingen Unnes dalam kegiatan PIMNAS 28 UHO Kendari menjadi 1 emas dan 5 perak.

60 ORANG MAHASISWA JURUSAN FISIKA MENGIKUTI UKCG UNNES 2015

UKCG

Sebanyak 60 orang mahasiswa prodi Pendidikan Fisika pada hari ini (Jumat/16 Oktober 2015) telah mengikuti Uji Kompetensi Calon Guru (UKCG) Unnes di 4 ruang lab (komputer) berbeda, itu merupakan bagian dari 945 orang mahasiswa Unnes yang akan mengikuti UKCG Unnes selama dua hari (16-17 Oktober 2015).

Mahasiswa Pendidikan Fisika yang mengikuti UKCG tersebut sebagian besar terdiri dari mahasiswa tingkat akhir yang akan diwisuda pada hari rabu tanggal 21 Oktober 2015 mendatang.

UKCG tersebut bertujuan untuk mengukur kesiapan mahasiswa/calon wisudawan dalam menghadapi dunia kerja terutama di bidang pendidikan.

PENGELOLA PRODI PENDIDIKAN FISIKA LPTK se-INDONESIA MENGHADIRI WORKSHOP KURIKULUM DI SEMARANG

LPTK

“Menindaklanjuti pertemuan antar Dekan MIPA LPTK se-Indonesia beberapa waktu lalu di Malang, diselenggarakan pertemuan antar pengelola Program Studi Pendidikan Fisika LPTK se-Indonesia untuk membahas kurikulum yang diselenggarakan di masing-masing perguruan tinggi”, kutipan sambutan Dekan FMIPA Unnes dalam kegiatan Workshop Kurikulum Pendidikan Fisika MIPA LPTK Indonesia di Guntur Hall Hotel Gracia Semarang pada tanggal 16-17 Oktober 2015.

Kegiatan Workshop Kurikulum Pendidikan Fisika MIPA LPTK se-Indonesia ini diikuti oleh 8 LPTK Indonesia yaitu UNJ Jakarta, UPI Bandung, UNP Padang, UNY Yogyakarta, Unima Manado, Unesa Surabaya, UM Malang dan Unnes Semarang. Dalam kegiatan ini membahas berbagai permasalahan berkaitan dengan kurikulum prodi Pendidikan Fisika dan menyeragamkan capaian minimal yang harus dipenuhi dalam pembejaran di prodi Pendidikan Fisika.