S1 Fisika

Akreditasi

Akreditasi A berdasarkan pada SK BAN PT No. 25/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018, berlaku sampai dengan 2023

Gelar Lulusan

Sarjana Sains (S.Si.)

Visi:

Menjadi Program Studi Fisika yang Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional

Misi :

Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang bertaqwa, unggul dan berdaya saing global dalam bidang Fisika yang berwawasan konservasi.

Melaksanakan penelitian Fisika yang inovatif berwawasan konservasi sebagai dasar untuk pemberdayaan masyarakat.

Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi hasil penelitian dan ikut serta memecahkan masalah-masalah nasional di bidang Fisika.

Tujuan

  1. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki kemampuan mandiri untuk mengikuti perkembangan sains dan teknologi Fisika serta dapat menyelesaikan masalah dengan menerapkan asas / hukum / prinsip Fisika.
  3. Menghasilkan dan menyebarluaskan karya peneilitian dalam bidang fisika yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Memiliki kemampuan bekerja sama dalam tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

Deskripsi

Prodi Fisika terselenggara berdasarkan SK Direktorat Jenderal Pedidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 258/DIKTI/Kep/1999. Ijin Operasional Prodi Fisika diperpanjang secara periodik, dan surat ijin terakhir bernomor: 6411/D/T/K-N/2011, tertanggal 18 April 2011.

Bidang kehlian yang dikembangkan Prodi Fisika didasarkan pada pertimbangan ideologis dan pendekatan fungsional. Pertimbangan ideologis menjadi pijakan agar bidang keahlian yang dikembangkan sanggup menghasilkan insan terdidik yang berkarakter, sehingga selain belajar fisika mahasiswa juga dibina untuk memiliki kepribadian yang bagus. Pendekatan fungsional digunakan agar kompetensi keilmuan fisika yang dikembangkan mahasiswa berpijak pada “realitas yang membumi”, selain standar ilmu fisika sendiri yang bersifat mondial, sehingga kompetensi lulusan Prodi Fisika akan berfungsi secara efektif ketika bekerja dan dalam berbagai aspek kehidupan pada umumnya.

Berdasarkan kehandalan sumber daya yang ada, bidang keahlian utama yang dikembangkan Prodi Fisika Unnes meliputi: Bidang Fisika Material, Bidang Instrumentasi dan Komputasi, dan Bidang Fisika Kebumian. Selain itu, bidang lain seperti Fisika Teoritik atau interelasi bidang yang ada dengan berbagai aplikasinya juga difasilitasi pengembangannya secara kondusif. Pengembangan beberapa bidang keahlian tersebut didukung penuh oleh 29 dosen tetap yang keahliannya sesuai dengan Prodi. Dari seluruh dosen tersebut 15 dosen berpendidikan S3 (Doktor dari dalam dan luar negeri, dan 4 orang di antaranya Guru Besar). Prodi Fisika tidak memiliki dosen yang kualifikasi pendidikannya S1.

Mengapa Memilih Prodi Ini ?

Dalam rentang waktu lebih satu dekade, Prodi Fisika Unnes telah diselenggarakan dengan kesungguhan yang optimal. Pada rentang lima tahun terakhir peminatan calon mahasiswa pada Prodi ini semakin meningkat. Hal tersebut semakin mendorong Prodi Fisika untuk meningkatkan kualitas layanannya, sehingga mulai tahun 2012 Prodi ini dinilai memenuhi Standar Internasional dalam memberikan layanan bidang pendidikan serta layak menyandang Sertifikat ISO 9001-2008 dan IWA 2: 2007. Pengakuan ini menjadi bukti bahwa usaha peningkatan kualitas yang berkelanjutan merupakan bagian sistemik dari semua aktivitas akademik yang dikembangkan Prodi Fisika, sekarang dan untuk waktu seterusnya.

Untuk memberikan layanan kondusif, mahasiswa Prodi Fisika juga dilibatkan secara langsung dalam kegiatan akademik, misalnya sebagai asisten kegiatan praktikum dan juga dalam berbagai kegiatan penelitian yang dilaksanakan dosen hasil memenangkan hibah penelitian rutin tingkat universitas maupun hibah kompetisi penelitian tingkat nasional. Bahkan secara normatif Prodi Fisika mewajibkan kepada setiap dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam setiap penelitiannya. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk menjadi lebih matang dalam pembinaan akademik, serta terbantu secara finansial dalam penelitian untuk menyelesaikan skripsi.

Untuk membangun karakter, selain kegiatan yang bersifat akademik mahasiswa Prodi Fisika juga dibina melalui berbagai kegiatan berbasis kemahasiswaa, di antaranya melalui kelompok:

  • Pecinta Alam Fisika (PALAFI)
  • Komunitas Pecinta Opensource- KPOS (peminat pengembang teknologi informasi dan komunikasi)
  • Tim Jurnalistik Fisika – TJF (peminat bidang jurnalistik)
  • Komunitas Ilmuan Fisika
  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM): Rekayasa IPTEK, Penerbitan, Olahraga, Seni, dan Bakti Sosial
  • Kelompok Olimpiade Fisika 

Untuk membangun jejaring kemitraan dan aksesibilitas bagi pendidikan yang bermutu, Prodi Fisika telah membangun kerjasama dengan berbagai mitra dalam dan luar negeri. Untuk kegiatan penelitian, kerjasama telah dilakukan dengan lembaga penelitian seperti LIPI, BATAN dan universitas-universitas lain di Indonesia yang mengembangkan bidang sejenis. Untuk mendukung pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan mahasiswa, kerja sama telah dilakukan dengan berbagai industri milik swasta ataupun lembaga milik pemerintah. Kerjasama luar negeri telah dibangun dengan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Selama 4 tahun terakhir, kerjasma dengan UTM telah dilaksanakan dalam wujud saling tukar dosen tamu dan penguji tugas akhir (skripsi/Tesis/Disertasi), serta kerjasama dalam bidang penelitian / karya ilmiah. Di tahun 2013, kegiatan pertukaran mahasiswa akan segera dilaksanakan tidak saja dengan UTM tepai juga dengan Universiti Malaya.

Prodi Fisika memiliki/menerbitkan 2 Jurnal Ilmiah, yaitu JURNAL FISIKA yang diterbitkan 2 kali setahun dalam bentuk cetak serta UNNES PHYSICS JOURNAL yang diterbitkan dalam bentuk digital on-line.

Kompetensi Lulusan

Prodi Fisika menyiapkan sumber daya insani di bidang Fisika yang memiliki 3 kompetensi utama, yaitu Kompetensi Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding), Kompetensi Sikap dan Managerial (Attitude and Managerial), serta Kompetensi Psikomotorik dan Ketrampilan (Psycomotoric and Skill). Selain dipersiapkan untuk dapat bekerja di bidang tertentu berdasarkan kemampuannya untuk memecahkan masalah fisika, lulusan Prodi Fisika juga dipersiapkan untuk menjadi peneliti atau untuk studi lanjut ke jenjang magister dan doktor.

Lulusan Prodi Fisika banyak berkecimpung di dunia industri yang memiliki produk barang ataupun jasa. Dengan kemampuan analitiknya, bekal kompetensi yang telah diperoleh lulusan selama kuliah telah memberi mereka peluang untuk bekerja sebagai praktisi maupun analis dalam bidang, termasuk industri logam, industri kertas, industri kimia, lembaga perbankan, serta wirausaha.

Perkuliahan

Prodi Fisika diselenggarakan dengan masa studi 4 tahun (atau 8 semester), namun sebagian mahasiswa mampu menyelesaikan program ini hanya dalam waktu 3,5 tahun (atau 7 semester). Kurikulum Prodi Fisika memiliki beban studi 144 SKS, meliputi 10 SKS Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), 33 SKS Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), 74 SKS Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), 18 SKS Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MKB), serta 8 SKS Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). Sejak tahun akademik 2012/2013 Prodi Fisika menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Konservasi, yang dilaksanakan secara sistematis untuk meraih 22 kompetensi utama, 6 kompetensi pendukung. Dengan seluruh kompetensi yang dikembangkan tersebut mahasiswa akan sanggup membangun hardskill dan softskill yang diperlukan untuk eksistensi kehidupannya setelah lulus, masuk di pasar kerja dan mengembangkan hidup yang berkualitas.

Alamat

Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang, Gedung D7 Lt.2 Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229.

Telepon/Fax: (024)8508034.

E-mail: prodifisika@unnes.ac.id

Website: http://fisika.unnes.ac.id