Publikasi

Departemen Fisika mengelola 3 jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian baik dalam penelitian fisika maupun pendidikan fisika.

  1. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Terakreditasi SINTA 2 (2016-2020)
  2. Unnes Physics Education Journal
  3. Jurnal Fisika

Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia

Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia [p-ISSN 1693-1246 | e-ISSN 2355-3812] adalah jurnal peer-review yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Januari dan Juli) oleh Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia merupakan wadah terintegrasi untuk mengkomunikasikan kemajuan ilmu pengetahuan di bidang fisika dan pendidikan fisika.

Jurnal ini melaporkan temuan-temuan baru yang signifikan terkait fisika dan fisika pendidikan, antara lain: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode pembelajaran, penerapan metode pembelajaran dan beberapa aplikasi fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia menerbitkan artikel penelitian yang komprehensif dan mengundang review oleh pakar terkemuka di bidangnya. Makalah akan dipilih yang memiliki nilai ilmiah yang tinggi, memberikan pengetahuan baru yang penting, dan yang memiliki minat tinggi untuk fisika dan pendidikan komunitas fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia telah menjadi anggota CrossRef dengan prefiks DOI: 10.15294.jpfi. Oleh karena itu, semua artikel yang dimuat jurnal memiliki nomor DOI yang unik.
Jurnal Pendidikan Fisika Unnes

Unnes Physics Education Journal

Unnes Physics Education Journal bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian empiris, kajian teoritis, dan analisis konseptual dalam bidang pendidikan filsafat dan teori, pendidikan fisika, pengembangan perangkat pembelajaran fisika, media pembelajaran fisika, pengembangan kegiatan eksperimen dalam pembelajaran fisika, dan fisika. evaluasi pembelajaran.

Jurnal Pendidikan Fisika Unnes, sebuah jurnal internasional elektronik, menyediakan wadah untuk mempublikasikan artikel penelitian asli, review artikel dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan penelitian pendidikan fisika. Jurnal ini mencakup artikel penelitian asli, artikel ulasan, dan komunikasi singkat, termasuk: mengidentifikasi kesulitan siswa mengembangkan metode untuk mengatasi kesulitan ini dan mengukur keuntungan belajar mengembangkan survei untuk mengukur kinerja siswa dan karakteristik lain yang menyelidiki sikap dan keyakinan siswa yang berkaitan dengan fisika belajar kecil dan dinamika kelompok besar menganalisis pola siswa menggunakan pembingkaian dan metode epistemologis baru dan yang sudah ada.


Jurnal Fisika

Jurnal Fisika [P-ISSN 2088-1509 | E-ISSN 2684-978X] menerbitkan perkembangan dan penelitian di bidang Fisika (Lihat Fokus dan Cakupan). Artikel jurnal ini terbit setiap enam bulan, yaitu pada bulan Mei dan November (2 edisi per tahun), dan diterbitkan oleh Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang bekerjasama dengan Ikatan Magnetik Batuan Indonesia (IRMA). ) Pusat.