Sejarah

Program Studi Pendidikan Fisika dimulai dari berdirinya pada  tanggal 1 Januari 1961 bernama Jurusan Ilmu Alam yang merupakan bagian dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Diponegoro. Dalam perkembangannya FKIP Universitas Diponegoro berubah menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Semarang (Tahun 1964), dan kemudian sejak tanggal 30 Maret 1965 berubah status menjadi IKIP Semarang. Setelah menjadi IKIP Semarang, Jurusan Ilmu Alam berubah menjadi Jurusan Fisika yang merupakan bagian dari Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE). Pada tahun 1982 seiring dengan perubahan nama fakultas di lingkungan IKIP Semarang, Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE) berubah menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), nama Jurusan Fisika berubah menjadi Jurusan Pendidikan Fisika.

Pada tahun 1999 IKIP Semarang ditingkatkan statusnya menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES), sehingga Jurusan Pendidikan Fisika berubah namanya menjadi Jurusan Fisika dengan nama fakultasnya berubah dari Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Selanjutnya Jurusan Fisika mendapat perluasan mandat selain menyelenggarakan program kependidikan juga menyelenggarakan program nonkependidikan, sehingga Jurusan Fisika mengelola dua program studi yaitu Program studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika. Oleh karena itu Program Studi Pendidikan Fisika merupakan salah satu program studi yang berada di bawah Jurusan Fisika.

Program Pendidikan Fisika menyelenggarakan pendidikan dengan tujuan menghasilkan lulusan dalam bidang Pendidikan Fisika untuk tingkat pendidikan menengah dengan kualifikasi sarjana pendidikan (S1). Tujuan Program studi Pendidikan Fisika adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional serta mampu membangun pembelajaran berbasis ICT, mampu berwirausaha dalam bidang pendidikan maupun bidang non kependidikan, serta mampu menghasilkan karya ilmiah di bidang pendidikan fisika.

Seiring dengan perkembangan zaman Program studi Pendidikan Fisika sekarang telah berkembang sangat pesat dengan memfokuskan pada pendidikan berbasis ICT, sehingga lulusannya banyak bermanfaat dan diserap dalam dunia kerja baik kependidikan maupun non kependidikan.