Penerimaan

Terdapat tiga jalur studi di Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang.

  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  2. Seleksi Penerimaan Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  3. Seleksi Mandiri oleh Universitas negeri Semarang (SM-UNNES)

SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah dari semester pertama sampai semester kelima untuk SMA / SMK / MA dengan masa studi tiga tahun atau semester satu sampai semester tujuh untuk SMK dengan masa studi empat tahun. Informasi lebih lanjut tentang SNMPTN tersedia di tautan berikut (https://penerimaan.unnes.ac.id/snmptn/).

SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Negeri di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama bersama-sama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dan portofolio. calon mahasiswa. Peserta diperbolehkan mengikuti UTBK 2020 satu kali. Informasi lebih lanjut tentang SBMPTN tersedia di link berikut (https://penerimaan.unnes.ac.id/sbmptn-2/)

SM-UNNES merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang D3, S1, S2, S3, dan Profesi yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang dalam bentuk ujian tertulis dan / atau tes keterampilan seni / olahraga. Pendaftaran dilakukan secara bertahap sesuai jalur penerimaan. Informasi lebih lanjut tentang SBMPTN tersedia di link berikut (https://penerimaan.unnes.ac.id/seleksi-mandiri/)