Fisika Intrumentasi, Komputasi dan Medik

Kelompok bidang keahlian Fisika Instrumentasi, Komputasi dan Medik merupakan gabungan dari tiga kelompok bidang keahlian yang ada Jurusan Fisika UNNES.

Bidang Instrumentasi berfokus pada pengembangan instrumen dan sistem kendali besaran fisis. Misalnya sistem pengendalian jarak jauh, sistem pendeteksi besaran fisis (suhu, kelembaban, gas, jarak, dll). Sistem kendali yang dikembangkan berbasis arduiono dan Internet of Things (IoT).

Bidang Fisika Komputasi telah melahirkan banyak programmer yang telah bekerja di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta. Pengembangan perangkat lunak yang diajarkan antara lain Phyton, PHP, My SQL dan Matlab.

Bidang Fisika medik telah menghasilkan lulusan yang kompeten dan telah bekerja di berbagai fasilitas kesehatan sebagai fisikawan medik. Bidang ini telah melakukan penelitian yang bermanfaat secara langsung kepada masyarakat. Inovasi yang dilakukan adalah dengan mengembangkan sistem radiografi konvensional dengan film menjadi radiografi digital (radig). Radig yang dapat diaplikasikan pada layanan Kesehatan di daerah dengan harga yang lebih ekonomis.