Berita

Seminar Nasional Mahasiswa Fisika 2021

Pada Sabtu, 18 Desember 2021 Jurusan Fisika telah menyelenggarakan Seminar Nasional Mahasiswa Fisika 2021. Seminar kali ini diadakan secara daring melalui Zoom Meeting yang berlangsung mulai pukul 09.00 sampai selesai. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Masrukan, M.Si., turut hadir pula Ketua Jurusan Fisika Dr. Suharto Linuwih, M.Si., Kaprodi Fisika Dr. Mahardika Prasetya Aji, M.Si., dan Penanggung jawab kegiatan Dr. Agus Yulianto, M.Si.

Seminar Nasional Mahasiswa Fisika tahun 2021 mengangkat tema “Strategi Mengembangkan Budaya Riset dan Publikasi Ilmiah Guna Meningkatkan Potensi Serta Kreativitas Mahasiswa Fisika.”

Seminar nasional mahasiswa kali ini diikuti oleh 130 peserta baik pemakalah maupun non pemakalah.

Pembicara Seminar Nasional Mahasiswa Fisika 2021 ini yaitu Dr. rer.nat. Listiyanto, M.Sc.  yang merupakan Dosen sekaligus alumni Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang.  Pembicara kedua pada seminar Nasional Mahasiswa Fisika ini adalah Dr. Musyarofah, S.Pd.,M.Si Dosen dari Institut Teknologi Kalimantan yang juga merupakan alumni Pendidikan Fisika UNNES. Dr. Musyarofah, S.Pd. juga merupakan pembicara terbaik ke tiga dalam Internasional Symposium On Frontier Applied Physics (ISFAP).

Dalam kesempatan ini pembicara pertama Dr. rer.nat. Listiyanto, M.Sc. berbagi pengalaman study baik di Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada dan Universitat Heidelberg. Pada kesempatan tersebut Dr. rer.nat. Listiyanto, M.Sc. juga menjelaskan materi mengenai 4 gaya fundamental dalam alam semesta yakni Gravitasional Force, Elektromagnetism Force, Strong Force, dan Weak Force.

Dr. Musyarofah, S.Pd.,M.Si memaparkan materi Strategi Mengembangkan Budaya Riset Publikasi Ilmiah Guna Meningkatkan Potensi serta Kreativitas Mahasiswa Fisika yang berdasarkan pengalaman pribadinya. Dr. Musyarofah juga membagikan pengalaman riset berupa Sintesis Serbuk Zirkon sehingga menghasilkan 2 publikasi internasional dengan judul Sintesis Serbuk Zirkon dengan metode sol-gel dan Pemurnian pasir zirkon alam, Sintesis serbuk zirkon dengan metode penggilingan.

Inovasi Jurusan Fisika UNNES

Jurusan Fisika, dengan visi : menjadi Jurusan Fisika yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional, melakukan aktivitas yang mendukung visi tersebut, juga melakukan inovasi yang berkaitan dengan produk produk pembelajaran dan sarana / instrument penelitian :

Bidang Pendidikan

Produk Praktikum Resonansi

Produk praktikum resonansi yang didukung dengan perangkat analisis, sebagaimana skripsi dari Sintya Rena Lestarian, dibimbing Dr. Teguh Darsono   berjudul : Pengembangan Perangkat Praktikum Resonansi Bunyi Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Visual Analyser

Karya Cipta
Berupa:Panduan Praktikum Alat Peraga Gerak Jatuh Bebas dan Gerak Proyektil Berbasis Komputer
Berjudul:Manual Penggunaan Alat Praktikum Kinematika (Gerak Jatuh Bebas dan Gerak Proyektil) Berbasis Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menginterpretasi Grafik
Paten Sederhana
  • ALAT PERAGA TATA SURYA UNTUK TUNANETRA BERBANTUAN TOUCH SENSORY STIMULATOR DAN AUDIO
  • ALAT PRAKTIKUM KINEMATIKA (GERAK JATUH BEBAS DAN GERAK PROYEKTIL) BERBASIS KOMPUTER
Berkaitan dengan situasi pandemic

Modul Praktikum Fisika Dasar berbasis Online

Bidang Fisika

Dihasilkan produk inovasi, berkaitan dengan pendukung/peralatan Fisika medis.

Berikut perkembangannya berkaitan dengan aktivitas Laboratorium Fisika medis:

2021
  1. Inovasi CT Scan untuk Peningkatan Layanan Diagnostik Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes) UNNES Semarang. 2021. Skema penelitian: PTUPT; Riset Terapan; Sumber dana: DRPM, Tim: Susilo, Teguh Darsono, Mosik. Mitra: Puslakes Unnes Semarang.
  2. Pencitraan 3D dengan Sistem Cone Beam Computed Tomography (CBCT) pada Poli Gigi Puslakes Unnes. 2021. Penelitian Desentralisasi, PTUPT, Riset Terapan, Tim: Susilo, Ian Yulianti, Mitra: C.V. Leaf Technologi, Sumber dana: DIPA UNNES
2020
  1. Aplikasi Radiografi Sinar-X Portable untuk General Purpose. 2020. Penelitian  Terapan. Tim: Susilo, Masturi, Ian Yulianti, DIPA UNNES.
  2. X-ray Micro-Computed Tomography untuk Inspeksi Sampel Biologis. 2020. Penelitian Pusat Kajian MIPA. Tim: Mosik, Nugrahaning, Susilo, Prasetyo Listiaji. DIPA FMIPA UNNES.
2019
  1. Rancang Bangun Sistem CBCT (Cone Beam Computed Tomography) untuk Pengembangan Lab Fisika Medik. 2019 (tahun ke-1 dari 2 tahun). PDUPT – DRPM Kemristek dikti, Status: Ketua, Tim: Susilo, Teguh Darsono, Rudi Setiawan.
  2. Radiografi Digital Untuk Diagnosis Tuberkulosis (TB) Dalam Pengembangan Layanan Rumah Sakit Daerah. 2019 (tahun ke-2 dari 3 tahun). PTUPT – DRPM Kemristek dikti, Tim: Susilo, Wahyu H, Mosik, Nathan H.
  3. Isolasi Dan Karakterisasi Senyawa Flavonoid Dari Material Biowaste Biji Buah Mangga Arum Manis (Mangifera Indica L.) Dan Uji Aktivitasnya Sebagai Antioksidan. 2019 (tahun ke-2 dari 3 tahun). PDUPT – DRPM Kemristek dikti, Tim: Masturi, Susilo, Dante.
  4. Aplikasi Teknik micro-CT sinar-X untuk uji non-distruktif. 2019. Penelitian Kompetensi Terapan (fakultas), Tim: Mosik, Susilo, Wasi Sakti.
  5. Pengembangan Blended Learning Assisted Assignment Program untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. 2019. Penelitian Unggulan PT/F Pengembangan Pendidikan FMIPA UNNES. 2019. Penelitian Unggulan PT (Fakultas). Tim: Masturi, Susilo, Sukiswo.
  6. Pengembangan In Vivo Diagnostic (IVD) Untuk Deteksi Penyakit Diabetes Mellitus (DM) Tipe 2, Berbasis Sensor Array Nano Sensor Elektronik Nose (ANSEN). 2019 (tahun ke-1 dari 2 tahun). Penelitian Kompetitif Nasional – Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi. Tim (Udinus): Sari Ayu Wulandari (Ketua), Ratih Pramitasari S.KM, M.P.H, Dr Sutikno S.T, M.T (Ketua TPM 1, Unnes), Drs Susilo (Anggota TPM 1, Unnes).

Inovasi Jurusan Fisika UNNES Jadi Top Visit Produk di Pameran Virtual Ritech Expo 2021

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyelenggarakan Pameran Riset, Inovasi, dan Teknologi, yaitu “Riset, Inovasi, dan Teknologi Expo (RITECH EXPO) 2021” dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Teknologi Nasional Ke-26. Pameran RITECH EXPO 2021 diselenggarakan dalam bentuk Virtual Exhibition pada tanggal 10 – 13 November 2021 (Pameran Interaktif) dan 14 November – 13 Desember 2021 (Pameran Statis) melalui alamat website ritechexpo.id.

Ritech Expo 2021 hadir dengan berbagai rangkaian acara, diantaranya Virtual Exhibition, Demo Sains, Webinar dan Klinik Konsultasi. Terdapat empat kategori Peserta Pameran dengan beragam produk inovasi unggulan dan produk inovasi lainnya yang dapat dikunjungi, diantaranya Perguruan Tinggi, Lembaga Litbangjirap Pemerintah, Industri, Start Up dan Mitra Internasional.

CV Leaf Technology dengan produk utama Radiografi Digital (RADIG) yang merupakan karya inovasi Prof Dr Susilo MS dari Jurusan Fisika Fakultas Matamatika dan IPA Universitas Negeri Semarang turut serta dalam Pameran Virtual Ritech Expo 2021 ini. CV Leaf Technology yang berdiri sejak tahun 2019 merupakan binaan BRIN lewat program Start Up Inovasi Indonesia melalui Inkubator Unit Bisnis LP2M Unversitas Negeri Semarang yang dikelola oleh Rudi Setiawan selaku tenant. Dalam Pameran Virtual Ritech Expo 2021 ini CV Leaf Technology dengan produk utama Radiografi Digital (RADIG) terpilih sebagai Top Visit Produk Inovasi di ritechexpo.id.

RADIG merupakan hasil modifikasi sistem radiografi konvensional menjadi sistem radiografi digital dimana hasil eksposi citra konvensional berupa film atau analog menjadi hasil eksposi citra digital berupa file digital dengan proses pendigitalan menggunakan DSLR.

Menurut Prof Susilo, seiring perkembangan zaman, Radiografi Konvensianal (RK) dirasa kurang efektif dalam operasionalnya karena beberapa hal yaitu pasien perlu menunggu beberapa saat untuk pencetakan film radiograf, memerlukan ruang kedap cahaya untuk pemrosesan film, dan dibutuhkan bahan kimia dalam pembuatan film radiograf yang menghasilkan limbah kimia atau limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).

Untuk itu, Prof Susilo menambahkan RADIG diharapkan mampu menjembatani sistem radiografi konvensional menjadi sistem radiografi digital di rumah sakit yang masih menggunakan radiografi konvensional.

Selamat, Prof. Susilo meraih Penghargaan pada UNNES Innovation Award 2021

Budaya prestasi adalah budaya Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang. Tak hanya bagi mahasiswanya, Dosen Jurusan Fisika pun senantiasa berprestasi. Kali ini Prof. Dr. Susilo., M.S. berhasil meraih penghargaan Juara III Anugrah Inovasi UNNES digelaran UNNES Innovation Award 2021 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Rektor UNNES Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., di dampingi Ketua LPPM Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd., dan Dekan FMIPA Dr. Sugianto, M.Si., dalam acara Launching Rumah Inovasi Virtual dan Research Networking Forum, Senin, 1 November 2021.

Prof. Dr. Susilo, M.S. yang merupakan dosen dan sekaligus Guru Besar Fisika Medik Jurusan Fisika, terpilih sebagai Pemenang Inventor Terbaik Ketiga dengan karya inovasinya RADIG (Radiografi Digital). Karya beliau adalah dengan menginovasi sistem radiografi konvensional menjadi radiografi digital (RADIG). Radiografi Konvensional yang masih menggunakan sistem perekaman gambar radiografi menggunakan film emulsi dan pencucian film menggunakan bahan kimia ini dikembangkannya menjadi sistem radiografi digital yang memanfaatkan teknologi kamera DSLR sebagai media penangkap gambar yang di intregasikan ke perangkat komputer sehingga mendapatkan hasil gambar secara realtime.

Beliau tak lupa berpesan untuk mahasiswa Jurusan Fisika untuk tidak berhenti belajar dan berinovasi dalam mengembangkan keilmuan agar menjadi nilai manfaat bagi diri sendiri khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Kembangkan Brand Masita Dimsum, Verent Mutiara Putri berhasil menjadi Juara 1 Lomba Wirausaha Muda Syariah 2021

Prestasi kembali ditorehkan oleh mahasiswi Jurusan Fisika UNNES. Kali ini berasal dari bidang kewirausahaan yang dikembangkan oleh mahasiswa. Verent Mutiara Putri, Mahasiswi Jurusan Fisika UNNES angkatan 2017 berhasil menjadi Juara 1 Pada Lomba Wirausaha Muda Syariah 2021 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Kanwil Solo. Lomba ini sendiri digelar sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan bagi wirausaha muda berbasis syariah yang memiliki produk unik dan inspiratif serta mampu memberikan manfaat kepada lingkungan di sekitar tempat usahanya.

Verent menyampaikan bahwa Brand Dimsum Masita yang ia kembangkan dilatar belakangi oleh kecintaan kaum milenial dengan makanan dimsum yang berasal dari Tionghoa. Namun, Dimsum dikenal terbuat dari daging babi, sehingga tidak dapat diterima oleh masyarakat muslim di Indonesia. Akhirnya muncul ide untuk membuat produk Dimsum yang bersertifikasi halal dan dibuat dengan bahan yang bisa diterima oleh masyarakat Indonesia khususnya muslim dengan harga yang terjangkau.

Brand Dimsum Masita dikembangkan oleh Verent sejak akhir 2018. Saat ini Dimsum Masita telah memiliki 64 mitra baik suplier, reseller, maupun franchise dan telah mampu menjual lebih dari 35 ribu pack atau sekitar 700.000 dimsum. Saat ini Verent telah memiliki 9 karyawan yang berasal dari masyarakat tempat tinggalnya. Verent mengaku tertarik mengembangkan bisnis food and beverage (FnB) adalah karena hobi nya dalam memasak makanan. Dalam belajar berbisnis Verent tidak memiliki mentor khusus karena semua otodidak, belajar melalui orang- orang dengan mencari teman dengan frekuensi yang sama dan sering mengikuti seminar, workshop , dan cara membangun bisnis juga melalui proses belajar dari kesalahan dan memperbaikinya.

Prestasi lain yang pernah diraihnya antara lain masuk 6  finalis terbaik Wirausaha Muda Syariah di event FESYAR JAWA 2020. Selain itu verent juga aktif berbagi ilmu dengan menjadi pembicara pada beberapa webinar baik yang diselenggarakan mahasiswa maupun skala nasional.

Muda waktunya kerja keras bukan waktunya istirahat , Keep going keep trying and be your self

Verent Mutiara Putri, 2021

Verent menyampaikan dalam berbisnis niatkan untuk membantu sesama dan bisa menebarkan manfaat untuk orang lain , pasti semua kegiatan walaupun seberat  apapun pasti bisa teratasi dengan baik dan capeknya mendapatkan keberkahan.

Tim Fisika Raih Medali Emas dalam World Invention Competition and Exhibition 2021

Prestasi kembali diraih Tim Mahasiswa Jurusan Fisika UNNES. Tim Mahasiswa Jurusan Fisika yang beranggotakan Mei Suhantoro (Fisika), Nisfha Mu Fatihah (Fisika), dan Budiandra Yusuf Mahendra (Teknik Elektro) meraih medali emas dengan kategori Applied Physics and Engineering pada World Invention Competition and Exhibition 2021 yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA), dan berlangsung di SEGi University and Colleges Malaysia. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring pada tanggal 27-30 September 2021.

Dibawah bimbingan Dr. Ian Yulianti, M. Eng. penelitian yang diangkat oleh tim Mei Suhantoro mengambil judul “Renal Tubular Acidosis Detector with IoT Based Polyester/Polyvinylidene Fluoride Buried Waveguide”.

Mei Suhantoro menjelaskan bahwa dia ingin berusaha memaksimalkan waktu kuliah untuk terus berprestasi dan teruntuk mahasiswa Jurusan Fisika sendiri, ia berpesan untuk fokus pada bidang yang disukai, pantang menyerah, dan terus berusaha.

Mahasiswa Jurusan Fisika Raih Prestasi dalam Ajang Musabaqoh Tilawah Quran Mahasiswa

Tak hanya dibidang sains, prestasi pun diraih mahasiswa Jurusan Fisika. Pada gelaran MTQM AMLI Nasional (Musabaqoh Tilawah Quran Mahasiswa Asosiasi MIPA LPTK Indonesia) yang berlangsung secara daring pada 7-9 Oktober 2021 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang mahasiswa Jurusan Fisika UNNES berhasil menorehkan prestasi, diantaranya :

  1. Annisa Dwi Zaharani (Pend Fisika) dan Natifatul Latifah (Fisika) meraih Juara 3 kategori Syarhil Quran
  2. Ngesti Rahayu (Pend Fisika) meraih Juara 3 kategori Hifdzil Qur’an 10 Juz Putri
  3. Dani Firmansyah Kurniawan (Pend Fisika) meraih Juara Harapan 1 Kategori Fahmil.

Dalam kesempatan wawancara bersama tim web jurusan Fisika Unnes Annisa Dwi Zaharani menyampaikan bahwa memiliki motivasi untuk diri sendiri yaitu agar tetap semangat dan berusaha semaksimal mungkin agar membuahkan hasil maksimal pula, karena sudah diamanahkan sebagai delegasi FMIPA UNNES. dan teruntuk mahasiswa Jurusan Fisika Annisa pun berpesan untuk semangat dan terus gali potensi diri agar bisa berkontribusi serta membanggakan almamater.

World Class Professor Jurusan Fisika dengan topik From Research to Publication and Innovation on Fiber Amplifiers and Lasers

Guest Lecture World Class Professors resmi dibuka pada Sabtu, 18 September 2021. Kegiatan Guest Lecture ini ditujukan kepada dosen jurusan fisika serta mahasiwa di Universitas Negeri Semarang. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 106 peserta. Kegiatan Guest Lecture ini merupakan bagian dari serangkaian acara World Class Professor yang terjadwal setiap hari Sabtu pada bulan September hingga Oktober tahun 2021.

Acara dimulai dengan sambutan yang dibawakan oleh perwakilan panitia Prof. Dr. Putut Marwoto, M.Si. serta Dekan FMIPA Universitas Negeri Semarang Dr. Sugianto, M.Si. sekaligus membuka acara secara resmi. 

Dekan menyampaikan tujuan dari adanya kegiatan Guest Lecture ini adalah guna memfasilitasi para dosen perguruan tinggi dalam negeri sehingga dapat berinteraksi dengan profesor berkelas dunia, baik profesor dalam negeri maupun luar negeri, serta meningkatkan kinerja produktivitas riset, meningkatkan kualitas publikasi internasional yang salah satu output nya adalah berupa publikasi di jurnal bereputasi internasional.

Selain itu beliau juga menuturkan bahwa kegiatan ini mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh Ristek Dikti, “Dengan adanya acara ini dapat mendukung program merdeka belajar kampus merdeka yang mengikuti kinerja Tridarma perguruan tinggi dan daya saing sumber belajar manusia di Indonesia ini. Dalam rangka meningkatkan perguruan tinggi di Indonesia, mobilitas dapat ditingkatkan degan fasilitas-fasilitas yang telah disediakan oleh ristek dikti” ujarnya seiring menutup sambutan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan pada mata acara inti yaitu Guest Lecture, diusung tema From Research to Publication and Innovation on Fiber Amplifiers and Lasers oleh Assoc. Prof. Dr. Noran Azizan Bin Cholan selaku narasumber dari Faculty of Electrical and Electronic Engineering (FEEE), UTHM, Malaysia. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh moderator Ibu Fianti, S.Si., M.Sc., Ph. D. Kegiatan berlangsung selama 3,5 jam yang kemudian diakhiri dengan penutup oleh master of ceremony.

Pendataan Mahasiswa Outbond Semester Gasal 2021/2022 Jurusan Fisika UNNES

Diberitahukan kepada mahasiswa Jurusan Fisika yang ingin mengikuti program Pertukaran Pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di luar Universitas Negeri Semarang diharapkan untuk mengisi pendataan melalui tautan berikut : https://forms.gle/Si72feHF31c1VjNy5

Formulir ini digunakan untuk mendata rencana mahasiswa Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang baik Program Studi Pendidikan Fisika maupun Program Studi Fisika dalam mengambil Mata Kuliah Pilihan yang ditawarkan oleh Perguruan Tinggi Penyelenggara Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah bekerjasama dengan Jurusan Fisika UNNES untuk Semester Gasal 2021/2022.

Tawaran Matakuliah MBKM dari Perguruan Tinggi Mitra Jurusan Fisika UNNES

Diberitahukan kepada mahasiswa Jurusan Fisika yang ingin mengikuti program perkuliahan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di luar Universitas Negeri Semarang. Pada periode perkuliahan semester gasal 2021/2022 Jurusan Fisika UNNES telah menerima beberapa tawaran kerjasama dari beberapa perguruan tinggi. Adapun tawaran Matakuliah serta tautan pendaftaran dapat dilihat pada tabel berikut:

NoNama Perguruan Tinggi PenyelenggaraDaftar Mata Kuliah Tautan Pendaftaran
1Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)Daftar MK UNSOEDPendaftaran UNSOED
2Universitas Jember (UNEJ)Daftar MK UNEJPendaftaran UNEJ
3Universitas Sebelas Maret (UNS)Daftar MK UNSPendaftaran UNS
4Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)Daftar MK UNYPendaftaran UNY
5Universitas Negeri JakartaDaftar MK ada pada tautan di sampingPendaftaran UNJ

Untuk penawaran lain akan kami update pada laman ini.

Terimakasih