Serah Terima Hasil Kerjasama STIKES Semarang dan Jurusan Fisika

Pada Rabu, 06 Juli 2022 telah dilaksanakan acara serah terima hasil kerjasama antara STIKES Semarang dengan Jurusan Fisika. Kegiatan ini merupakan wujud dari Implementation of Arrangement (IA) yang telah disepakati kedua belah pihak pada Februari 2022. Kegiatan ini sendiri merupakan puncak dari beberapa kegiatan kerjasama yang telah dilakukan. Bentuk kegiatan kerjasama terdiri atas Perbaikan dan Kalibrasi Mobile X-ray, Modifikasi Automatic Processing Film serta pengembangan Surveymeter Digital.

Pada kegiatan Perbaikan dan Kalibrasi Mobile X ray, Perwakilan dari STIKES Semarang, Diah Rahayu Ningtias, M.Si. menyampaikan troubleshooting pada unit Mobile X ray. Hasilnya ditemukan ketidaksesuaian nilai tegangan keluaran tabung dan intensitas lampu kolimator. Perbaikan yang dilakukan meliputi adjustment pada rangkaian pemanas filamen dan penggantian beberapa komponen pada kolimator.

Pada Kegiatan Modifikasi Automatic Processing Film, Bayu Wahyudi, M.Sc., menyampaikan bahwa Automatic Processing Film yang terdapat di Laboratorium Fisika telah mengalami kerusakan pada bagian controller, pompa cairan fixer, dan motor penggerak roller. Kegiatan modifikasi yang dilakukan adalah dengan membuat board controller menggunakan sistem microcontroller berbasis arduino.

Pengembangan Surveymeter digital dilakukan oleh Imam Tri Harsoyo, M.Si. dengan menggunakan detektor isian gas dan microcontroller berbasis arduino. Surveymeter yang dikembangkan telah dilakukan uji fungsi dengan menggunakan alat pembanding Raysafe X2. Hasil yang didapatkan dosis yang terukur memiliki deviasi yang relatif kecil.

Penyerahan sertifikat kalibrasi dilakukan oleh Mohamad Sofie, M.T., selaku Direktur PT Sinergi Indocal Sejahtera Semarang, dan diterima oleh Dr. Mahardika Prasetya Aji, M. Si. selaku Kaprodi Fisika. Surveymeter digital diserahkan oleh Patrisius Kusi Olla, M.T., selaku Ketua STIKES Semarang.

Penyerahan Sertifikat kalibrasi Mobile X Ray oleh Direktur PT Sinergi Indocal Sejahtera Semarang, Mohamad Sofie, M.T., kepada Kepala Program Studi Fisika Dr. Mahardika Prasetya Aji, M.Si.
Penyerahan Survermeter Digital oleh Patrisius Kusi Olla, M.T., selaku Ketua STIKES Semarang kepada Kepala Program Studi Fisika Dr. Mahardika Prasetya Aji, M.Si.

Dr. Upik Nurbaiti, M. Si. selaku Kepala Laboratorium Fisika, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini berdampak positif dalam pengembangan Laboratorium Fisika Medis. Kepala Laboratorium juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh tim dari STIKES Semarang. Diakhir acara kedua belah pihak berharap agar kerjasama ini terus terjalin dan berkembang diantaranya pertukaran mahasiswa dalam praktik industri dan penelitian pengabdian antar dosen dan mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.