“Caramel” berhasil hantarkan Rachmat Waluyo dkk Raih Emas di PIMNAS ke-33

Prestasi kembali ditorehkan mahasiswa Jurusan Fisika UNNES di penghujung tahun 2020 ini. Tim Program Kreatifitas Mahasiswa – Penelitian Eksakta (PKM-PE) yang terdiri dari Rachmat Waluyo (Pendidikan Fisika), Sarno Setiawan (Kimia) dan Neelam Puspitasari (Pendidikan Fisika) berhasil meraih medali Emas untuk kategori Presentasi Terbaik.

Pekan ilmiah mahasiswa (PIMNAS) ke-33 ini dilaksanakan secara daring pada 24 – 29 November 2020 menggunakan aplikasi Zoom serta streaming di kanal Youtube PIMNAS. Setiap Tim memiliki waktu 30 menit untuk persiapan, presentasi serta menunjukkan bukti-bukti terkait, serta tanya jawab diskusi klarifikasi hasil kegiatan. Tim PKM UNNES beserta pembimbing mengikuti presentasi secara daring selama 2 hari di ruang 405 gedung Rektorat Universitas Negeri Semarang.

Tema Penelitian yang diangkat oleh Rachmat Waluyo dkk adalah Caramel (Carbon nano dots from Watemelon Peel) Sintesis Carbon Nanodots dari Kulit Semangka dengan Metode Microwave sebagai Authentic Guard in Branded Product.

Penelitian ini berawal dari rencananya untuk melanjutkan S2 dan menyusun proposal tesis. Kemudian terpikir untuk menyusunnya dalam bentuk proposal PKM. Dalam proses pembuatannya pun di tengah-tengah KKN dan proses bimbingan dilakukan seminggu sekali.

Rachmat Waluyo menyampaikan “Sebenarnya banyak sekali kendala yang dihadapi dalam proses penelitian, salah satunya karena ini hal baru bagi saya yaitu tentang material nano. Terlebih perubahan skema PKM dari luring ke daring yang berakibat pada berubahnya luaran PKM yaitu membuat narrative review. Sebelumnya saya belum pernah membuat narrative review, jadinya memakan waktu yang cukup lama dalam menulis Narrative review tersebut. Selain itu, kerja kelompok yang serba terbatas akan jarak dan waktu juga menjadi salah satu faktor kendala.”

Dr. Bambang Subali selaku pembimbing menyampaikan rasa syukur atas ikhtiar mereka dan tim membuahkan hasil terbaik untuk UNNES khususnya FMIPA. Lebih lanjut Dr. Bambang Subali menyampaikan “Semua mahasiswaku sangat berpeluang untuk mengikuti PKM dengan berbagai bidang. Kerja keras, doa dan bimbingan dosen akan mendorong pencapaian tertinggi di PIMNAS 34 berikutnya.”

Rachmat berpesan kepada Mahasiswa khususnya Jurusan Fisika untuk Tetap belajar dan mengembangkan diri dimanapun dan kapanpun, utamanya dalam hal menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *