Astronomy workshop series #3 “Pemanfaatan Virtual Observatory dengan TOPCAT dan Aladin”

Jurusan Fisika Unnes Kembali menggelar Workshop series #3 yang masih merupakan serangkaian Astronomy workshop Series. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari ini, Kamis (26/11/2020) dengan mengusung tema “Pemanfaatan Virtual Observatory dengan TOPCAT dan Aladin” melalui zoom meeting.

Narasumber workshop series #3 ini adalah Rizky Maulana Nurhidayat, M.Si. Beliau menyampaikan materi Pemanfaatan virtual observatory dengan menggunakan Topcat dan Aladin. Topcat sendiri adalah Tool for operation on catalogues and table, dimana program ini berbasis java (mirip dengan Ms. Excel). Program ini juga dapat mengakses data tertentu dan melakukan pengolahan data dalam jumlah besar dengan waktu singkat. Sedangkan Aladin sendiri merupakan sebuah aplikasi untuk memperlihatkan citra sistem astronomy.
Adapun salah satu kelebihan dari TOPCAT dan Aladin ini dapat mempermudah suatu penelitian di astronomy. Namun untuk menghasilkan sebuah penelitian yang baik, kita perlu mengetahui adanya langkah – langkah dan metode scientific yang memadai saat kita melakukan pengamatan dalam sebuah survei.

Kegiatan ini diikuti oleh 32 orang peserta yang berasal dari dosen, mahasiswa dan pemerhati astronomi yang berasal dari beberapa perguruan tinggi. Kegiatan ini dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.30. Di akhir sesi diadakan sesi tanya jawab, baik secara langsung maupun tertulis (via chat).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *