Dr. Aprilia sampaikan materi Pendahuluan Astrofisika pada Astronomy Workshop Series

Pada Kamis (12/11/2020) Jurusan Fisika menggelar Astronomy Workshop Series secara daring melalui zoom meeting. Acara tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Dr. Sugianto, M.Si. Dalam sambutannya Dekan FMIPA UNNES menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang astronomi. Diharapkan peserta dapat mengambil manfaat yang besar dari kegiatan tersebut.

Turut pula memberikan sambutannya penanggung jawab kegiatan, Dr.rer.nat. Mochamad Ikbal Arifyanto S.Si.,M.Sc. dari ITB, Bandung. Doktor lulusan Universitas Heidelberg Jerman tersebut menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan untuk semakin memperkuat bidang astronomi di Indonesia.

Narasumber pada workshop seri pertama ini adalah Dr. Aprilia, Dosen FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB). Doktor lulusan Tohoku University, Jepang ini menyampaikan materi tentang Dasar Astrofisika. Astrofisika adalah cabang ilmu alam yang mempelajari benda langit dan fenomena alam yang terjadi di alam semesta atau Ilmu yang berhubungan dengan pengamatan benda langit. Manusia mengamati gerak benda-benda langit dan perubahan posisi benda langit sejak manusia muncul di Bumi. Manusia pun berusaha memahami keteraturan & memanfaatkannya untuk kepentingan praktis, seperti pertanian dan pelayaran.

Pada bagian berikutnya, Dr. Aprilia menjelaskan tentang beberapa teori yang pernah berkembang dalam pemodelan alam semesta serta tokoh-tokoh yang menemukannya seperti Aristoteles (350SM), Claudio Ptolemeus (sekitar 140 M), Nicolás Copernicus, Johannes Kepler dan Isaac Newton (Abad 16 M). Dasar astrofisika juga mencakup bagaimana kita mengenal besaran dasar dari bintang (matahari) yang meliputi jarak matahari, Massa Matahari, Luminositas Matahari, Radius Matahari, dan Temperatus Efektif Matahari.

Kegiatan ini diikuti oleh 52 orang peserta yang berasal dari dosen, mahasiswa dan pemerhati astronomi yang berasal dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan ini dimulai tepat pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00. Di akhir sesi diadakan sesi tanya jawab, baik secara langsung maupun tertulis (via chat).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *