Perdana, Unnes Physics Webinar Series usung tema Teknik Evaluasi Perkuliahan Daring

Jurusan Fisika Unnes telah menggelar web seminar (webinar) pada Kamis (07/05/2020) pukul 09.00 s.d 11.30. Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FMIPA, Dr. Sugianto, MSi merupakan rangkaian kegiatan yang direncanakan berlanjut pada seminar-seminar selanjutnya. Pada kesempatan tersebut Dekan menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan webinar ditengah pandemi Covid 19. Dekan juga menyampaikan pada era pandemi di mana pembelajaran daring sudah masif dilakukan, diskursus mengenai penilaiannya merupakan sebuah keniscayaan.

Pembicara yang dihadirkan pada webinar tersebut adalah Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd. yang menyampaikan tema “Penilaian Hasil Belajar” dan Dr. Sunyoto Eko Nugroho, M.Si., yang menyampaikan tema “Pendekatan Praktis Evaluasi pada Pembelajaran Daring”. 

Pada sesi pertama Prof. Ani menyampaikan bahwa penilaian pada pembelajaran daring tetap harus mempertimbangkan tujuan utama dari penilaian itu sendiri, yakni memastikan ketercapaian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik. Hal yang paling utama adalah memastikan kejujuran dan objektifitas hasil pekerjaan peserta didik.

Dr. Sunyoto Eko N menekankan aspek-aspek teknis evaluasi terkait dengan pembelajaran daring, salah satunya adalah penilaian proses. Pada penilaian proses peserta didik dinilai berdasarkan keaktifan peserta didik dalam diskusi online pada platform daring yang digunakan. Dalam hal penilaian sikap, Dr Sunyoto menyatakan hal ini merupakan tantangan bagi pendidik, karena penilaian sikap melalui pembelajaran daring sulit untuk dilakukan.

Peserta yang terdaftar pada kegiatan ini terdapat 170 orang dengan jumlah peserta yang berhasil live adalah 148 orang. Peserta Webinar ini bukan hanya dari sivitas akademika Unnes saja, tetapi berasak dari berbagai daerah di Indonesia seperti Bogor, Bandung, Lampung, Gorontalo bahkan terdapat pula peserta dari Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *