Kerjasama dengan IRMA, Jurusan Fisika selenggarakan Seminar Nasional dan Workshop PREM

Pada Senin s.d. selasa¬† (17-18 Desember 2018) Jurusan Fisika UNNES bekerjasama dengan IRMA (Indonesian Rock Magnetism Association) menyelenggarakan Seminar Nasional dan Workshop Paleo Rock and Environmental Magnetism (PREM). Bertempat di Gedung D5 lantai 3 kegiatan ini dibuka oleh Dekan FMIPA Prof. Dr. Sudarmin, MSi. Seminar Nasional ini mengambil tema ” Menelisik Sejarah, Sifat & Masa Depan Bumi, melalui Rekam Jejak Kemagnetan Batuan”.

Pembicara utama pada Plenary Session adalah:

  1. Prof. Dr. Satria Bijaksana (Institut Teknologi Bandung)
  2. Dr. Agus Yulianto, M.Si. (Universitas Negeri Semarang)
  3. Dr. Abd. Mujahid Hamdan (Universitas Islam Ar-Raniry Aceh)

Pembicara pertama menyampaikan materi tentang tantangan penelitian kolaboratif rock magnetism di Indonesia yang memiliki banyak sekali gunung api aktif.  Dr. Agus Yulianto menyampaikan pentingnya kerjasama antar bidang keilmuan untuk dapat memperdalam dan memperkuat kajian rock magnetism. Sementara itu, Dr. Mujahid Hamdan menyampaikan tentang Phytomining/Agromining yaitu penambangan mineral dengan menggunakan tanaman.

Menurut ketua IRMA Dr. La Ode Ngkoimani (Universitas Halu Oleo) Seminar Nasional ini merupakan kegiatan pertama IRMA setelah mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham RI pada Oktober 2018. Seminar Nasional ini diikuti oleh 17 pemakalah dan 30 peserta.

Selain seminar kegiatan lain yang diselenggarakan adalah Workshop Penyusunan Proposal Penelitian Bersama dan Workshop Penyusunan Buku Kemagnetan Batuan IRMA. Selain itu peserta juga diajak untuk field trip di lingkungan riset wilayah Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *