SNMF V Sukses datangkan Mbah Rono Pakar Vulkanologi Indonesia

Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNNESĀ  menyelenggarakan Seminar Nasional Mahasiswa Fisika ke lima (SNMF V). Kegiatan tersebut digelar pada (8/12/2018) di Gedung Dekanat FMIPA UNNES. Tema yang diangkat pada SNMF V ini adalah “Peningkatan Budaya Riset Sains dan Publikasi sebagai Wujud Kontribusi Fisika di Era Globalisasi”. SNMF V dibuka oleh Dekan FMIPA Prof. Dr. Sudarmin, M.Si dan dihadiri pula oleh Ketua Jurusan Fisika Dr. Suharto Linuwih M.Si.

Pembicara Utama pada seminar ini adalah Dr Surono atau yang dikenal dengan Mbah Rono,  salah satu pakar vulkanologi Indonesia. Pada kesempatan tersebut Mbah Rono menyampaikan bahwa fenomena kegunungapian sangat dekat  dengan ilmu fisika. Pembicara lain yang turut mengisi acara tersebut adalah alumni dari Jurusan Fisika FMIPA UNNES, yaitu M Hamrowi  (Founder and Owner of Taman Media), Prasetyo Listiaji (Dosen Fisika IT Telkom Purwokerto) dan Nila Prasetya A (Dosen Fisika UNNES).

Seminar Nasional Mahasiswa Fisika (SNMF) adalah kegiatan tahunan mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Semarang yang tahun ini memasuki tahun kelima. SNMF diadakan sebagai salah satu luaran dari mata kuliah Komunikasi Ilmiah, dimana pada seminar tersebut mahasiswa fisika berlatih secara mandiri untuk mempublikasikan hasil penelitiannya

Dr. Agus Yulianto, M.Si., salah satu dosen pengampu mata kuliah Komunikasi Ilmiah mengharapkan agar kegiatan SNMF ini dapat diajadikan wadah mahasiswa untuk menunjukan prestasi di bidang riset. SNMF dapat diikuti mahasiswa dan peneliti muda di seluruh Indonesia dengan merata. Sehingga, SNMF setiap tahun kualitasnya bertambah dan dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *