Inilah Dua Profesor baru Jurusan Fisika Unnes

Pada Kamis 23 Oktober lalu Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah mengukuhkan tiga Profesor dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) di gedung Prof Soegijono Fakultas Ilmu Keolahragaan kampus Sekaran Gunungpati. Mereka adalah Prof . Dr. Sudarmin, M.Si. dari Jurusan Kimia, Prof. Dr. Hartono M.Pd. dan Prof. Sutikno, S.T., M.T. dari Jurusan Fisika.

Pengukuhan dilakukan oleh Rektor Unnes, Prof. Dr. Fathur Rokhman MHum. Dalam acara tersebut Prof . Dr. Sudarmin, M.Si. menyampaikan orasi Ilmiah yang berjudul “Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains (MPKBE) Untuk Mengembangkan Keterampilan Generik, Literasi Sains dan Sikap Ilmiah”.

Sementara itu, Prof. Dr. Hartono M.Pd. yang telah dikukuhkan sebagai Profesor dalam Bidang Pendidikan Fisika menyampaikan Pidato ilmiah yang berjudul ” Pembelajaran Fisika Modern bagi Mahasiswa Calon Guru “. Dalam orasi ilmiah yang disampaikan Prof. Dr. Hartono M.Pd. menyampaikan bahwa Pembelajaran fisika modern bagi mahasiswa calon guru direkomendasikan sedapat mungkin memberi pengalaman langsung melalui contoh pembelajaran yang berorientasi kemampuan generik, yaitu bentuk pembelajaran yang bukan sekedar memberi informasi pengetahuan fisika tetapi juga memberi bekal pengembangan kemampuan generik bagi subjek yang belajar.

Prof. Sutikno, S.T., M.T. juga menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul “Peran Fisika dalam Pengembangan Green Material Berbasis Kearifan Lokal Menuju Sustainable Society”. Dalam pidatonya Prof. Sutikno, S.T., M.T. mengangkat peran ilmu fisika terutama Fisika material yang merupakan cabang Ilmu Fisika multidisiplin yang merupakan kajian materi secara komprehensif dalam mengembangkan bahan “hijau” berbasis Kearifan lokal menuju masyarakat yang berkelanjutan. G<em>reen material</em> yang pernah menjadi objek penelitiannya antara lain adalah Tempurung kelapa sebagai bahan gesek kampas rem, Pati Biji Kluwih sebagai bahan Film Plastik Biodegradable, Tepung biji durian sebagai bahan Plastik Biodegradable.

Dengan tambahan tiga guru besar di lingkungan FMIPA, Rektor Unnes berharap secara akademik fakultas tersebut bisa semakin meningkat serta meminta ketiganya semakin meningkatkan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat).  Unnes juga menunggu kiprah  3 guru besar baru semakin berkarya di kancah nasional dan internasional lewat penulisan jurnal-jurnal terkareditasi nasional dan jurnal-jurnal internasional terkemuka. (mut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *